Wednesday 27 December 2017

Koleksi Tercetak di Perpustakaan Pusat UIN Jakarta

Koleksi Tercetak di Perpustakaan Pusat UIN Jakarta
Perpustakaan Pusat UIN jakarta memiliki koleksi-koleksi tercetak, diantaranya :
1.      Koleksi islam dan koleksi umum
Merupakan buku-buku yang dapat dipinjam oleh pemustaka. saat ini Pusat Perpustakaan memiliki 38.555 judul 100.000 eksemplar koleksi tercetak.
2.      Koleksi referensi (rujukan)
Koleksi referensi (bahan rujukan) adalah koleksi-koleksi yang menyediakan rujukan pada sumber-sumber referensi seperti sumber biografi, bibliografi, sumber geografi, indeks, abstrak, direktori, kamus, ensiklopedia, almanak, dan sumber-sumber referens lainnya yang digunakan sebagai  acuan dalam mencari suatu informasi.Hingga saat ini Pusat Perpustakaan memiliki koleksi referensi kurang lebih 172 judul, 421 eksemplar buku rujukan (referens) yang meliputi rujukan tentang  kajian Islam, tafsir, hadis, rujukan dalam ilmu-ilmu sosial seperti pendidikan, hukum, politik, ekonomi, dan berbagai biografi para tokoh.
3.      Koleksi UIN-ana
UIN-ana adalah koleksi muatan lokal (local content) yaitu, skripsi, tesis, disertasi dan laporan penelitian yang merupakan deposit karya para alumni UIN dan sebagian kecil berasal dari karya tulis alumni McGill University (terutama tesis dan disertasi).
4.      Koleksi Terbitan Berkala (Serial)
Koleksi ini terdiri dari Jurnal Ilmiah, Majalah Populer dan Surat Kabar.  Beberapa judul jurnal ilmiah yang dikoleksi oleh Pusat Perpustakaan UIN, diantaranya adalah : Al-Huda, Jauhar, Studia Islamika, Kultur, Al-Jami’ah, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jurnal Adabiya, Archipel, International Journal of Middle East Studies, Journal of Islamic Studies, Modern Asian Studies, dll yang berjumlah 618 eksemplar. Sedangkan koleksi majalah populer yang dilanggan saat ini adalah: Forum Keadilan, Gatra, Tempo, Amanah, dan Alo Indonesia (berbahasa Arab) yang berjumlah 260 eksemplar. Selain itu Pusat Perpustakaan juga melanggan beberapa surat kabar harian yaitu Republika, Media Indonesia, Tempo, dan Kompas.
5.      Koleksi Corners & Koleksi TAF

Pusat Perpustakaan UIN saat ini memiliki koleksi corners dan koleksi hibah yang diperoleh dari Yayasan Asia Foundations sejumlah 4156 judul 6157 eksemplar.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates