Friday 15 December 2017

Layanan Deposit Skripsi di Perpustakaan FAH UIN Jakarta

Secara umum perpustakaan perguruan tinggi dapat kita pahami sebagai sebuah perpustakaan yang berada di bawah naungan perguruan tinggi, universitas, akademi, institut, sekolah tinggi ataupun politehnik yang bertujuan untuk mendukung visi dan misi dari badan induk tersebut. Di perpustakaan perguruan tinggi ada beberapa layanan, salah satunya layanan deposit.
Layanan Deposit Skripsi di Perpustakaan FAH UIN Jakarta
Layanan deposit di perpustakaan perguruan tinggi biasanya dilakukan dengan cara mewajibkan seluruh civitas akademikanya, terutama dosen dan mahasiswa untuk menyerahkan seluruh hasil karya ilmiahnya. Mahasiswa diwajibkan untuk menyerahkan skripi baik tercetak maupun digital ke perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas. Skripsi merupakan sebuah hasil karya mahasiswa yang akan menjadi bukti nyata bahwa ia telah menyelesaikan kuliahnya. Ia memiliki fungsi seperti nilai, sehingga harus selalu ada saat diperlukan. Melihat kenyataan seperti itu maka skripsi dapat dikatakan sebagai arsip vital, sehingga skripsi ini tidak akan mengalami retensi atau pemusnahan data.
Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berawal dari kebiasaan pihak fakultas dalam mengumpulkan buku-buku dari para dosen dan mahasiswa. Sehingga dalam waktu lama terkumpulah sejumlah buku yang cukup banyak namun dapat dikelola berdasarkan ilmu perpustakaan. Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora memilki layanan deposit skripsi, layanan deposit skripsi ini sudah dapat dilaksanakan, namun masih terdapat beberapa kekurangan, yaitu kurangnya petugas, perawatan sistem otomasi perpustakaan yang tidak teratur, dan ruang pengolahan yang terbatas, sementara itu jumlah skripsinya tiap tahun akan terus bertambah.
Untuk melihat artikel lengkapnya kalian bisa klik link berikut :

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates