Tuesday 5 December 2017

Kompetensi pustakawan dalam perspektif islam

Islam adalah agama yang memiliki ajaran menyeluruh dalam setiap aspek kehidupan manusia, termasuk pekerjaan manusia di perpustakaan. Semua tujuan pekerjaan pada dasarnya sama yaitu memberikan layanan terbaik kepada seluruh penggunanya. Untuk memberikan layanan informasi yang baik, pustakawan harus memiliki berbagai kompetensi individu.
Kompetensi pustakawan dalam perspektif islam
Pustakawan dalam Online Dictionary of Library and Information Service (ODLIS) diartikan sebagai “ A Profesional trained person responsible for the care of library and its content, including the selections, processing, and organization of materials and the delivery of informations, instruction, and loan service to meet the needs of its users”. Dari pengertian tersebut, yang dimaksud dengan pustakawan adalah orang yang terlatih secara profesional untuk merawat perpustakaan dan isinya, termasuk cara menyeleksi, mengolah dan menata seluruh bahan pustaka dan penyampaian inormasi, instruksi dan layanan peminjaman untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Pustakawan yang profesional adalah pustakawan yang memiliki kompetensi. US Special Libraries telah merumuskan sepuluh kompetensi individu yang harus dikuasai pustakawan.
Setelah dilakukan penelusuran dalam al-quran, hadits, pendapat para sahabat dan ulama, ternyata islam memiliki dasar dan dalil yang jelas terhadap kompetensi-kompetensi pustakawan. Sehingga seorang muslim yang baik dan cerdik ia juga bisa menjadi seorang pustakawan yang profesional dan memiliki kompetensi. Kompetensi dalam islam yang harus dimiliki pustakawan adalah :
1.      Memberikan layanan terbaik.
2.      Mampu mencari peluang.
3.      Berpandangan luas.
4.      Mencari mitra kerja.
5.      Menciptakan lingkungan kerja yang baik.
6.      Pandai berkomunikasi.
7.      Mampu bekerjasama
8.      Memiliki jiwa kepemimpinan.
9.      Mampu merencanakan dan memprioritaskan.
10.  Positif thinking dan bisa menyesuaikan diri dengan perubahan.

Untuk melihat artikel lengkapnya, kalian bisa cek di link berikut:

2 komentar:

Unknown said...

wahhhh kerennn

Unknown said...

uuuuu baru nih gua

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates